Menghitung Berat Ideal

Siang-siang sehabis makan siang seperti ini saya tiba-tiba ingin mengetahui berat badan. Yup, berapa sih berat badan saya? *ambil timbangan badan* Whoops, oke, ternyata berat saya adalah 63 kg, he3.

Menurut Dr. P.P. Broca, seorang ahli bedah Prancis, melalui Broca Index-nya, maka berat badan ideal saya adalah:

Berat (kg) =( Tinggi (cm) – 100), – (15% *( Tinggi (cm) – 100)) untuk wanita atau (10%*( Tinggi (cm) – 100)) untuk pria.

Jadi berat ideal saya adalah ((169-100)-(10%*69)) atau 62.1 kg, dengan kriteria di bawah ini:

  • Kelebihan Berat Badan / Overweight = Hasilnya 10% s/d 20% lebih besar
  • Kegemukan / Obesitas / Obesity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya
  • Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya

Maka saya tergolong overweighted hehehe.

Oiya, ada satu lagi cara untuk mendeteksi berat tubuh ideal, yaitu dengan Indeks Massa tubuh (IMT). Cara menghitungnya juga mudah. IMT diukur dari berat badan dalam satuan kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam satuan meter. Biar mudah, kita ambil contoh. Saya memiliki berat badan 63 kilogram. Adapun tinggi 169 sentimeter atau 1,69 meter.

Jadi berat ideal saya adalah (69/(1.69^2)) dengan hasil 22,06 yang berarti normal/ideal. Lho kok? He3, batasan untuk menentukan kondisi berat idela tubuh seseorang yaitu dengan range:

  • Angka antara 18,5 hingga 23 berarti berat badan Anda normal atau ideal.
  • Angka 23 hingga 25, Anda sudah kegemukan.
  • Angka 25 hingga 27 termasuk obesitas ringan,
  • Angka 27 hingga 30 disebut obesitas sedang,
  • Di atas angka 30 berarti obesitas berat.

Dan, yang terakhir cara gampangnya adalah dengan mengukur lingkar pinggang, wanita lingkar pinggang normal 80 cm sementara pria 90 cm.

Nah, yang terakhir ini yang belum, kira-kira saya kelebihan berat gak ya?

Leave a Reply

