17 Agustus Di Banyuwangi

Gak terasa sudah memasuki bulan Agustus, bulan Kemerdekaan negara tercinta, tanah airku, tumpah darahku, Indonesia.

Dan biasanya pada saat seperti ini akan banyak sekali kegiatan di masyarakat dan terutama di kampung-kampung untuk memperingat hari kemerdekaan Indonesia. Mulai dari lomba makan krupuk (dimana-mana ini pasti ada), balap karung, masukin paku ke botol, panjat pinang, gebuk lumpur dan lain-lain deh, pokoknya ruame and buanyak.

Oh, ada lagi, lomba gerak jalan dan karnaval, yang dua ini biasanya satu paket, dan yang nonton dsudah pasti membludak di pinggir2 jalan, jadi seneng ngliatnya. Apalagi pas yang lewat itu anak-anak Tk yang imut-imut dan ngegemesin.

Jadi ingat dulu tahun 2006 ketika masih KKP di Banyuwangi dalam perjalanan menuju Muncar dari Kalipuro yang memakan waktu 1 jam dan menempuh jarak 40 km, 80 km pergi pulang (fyuh) pasti jalan banyak macet dan rame. Karena waktu pagi dan sore biasanya banyak banget yang latihan gerak jalan dan baris-berbaris. Sampai ga bisa kehitung lagi berapa banyak ‘pasukan-pasukan kecil’ yang bervariasi anggotanya. Mulai dari anak SD, SMP, SMA, sampai ibu-ibu PKK juga ikutan.

Cuma sayang, pada waktu hari H lomba gerak jalannya aku malah gak bisa nglihat karena lagi ada di Malang. Yang bisa nglihat cuma Niken, Meka dan Gino. Udah gitu mereka langsung cabut ke Bali lagi. Sementara aku, Aris, Fitra ikutan PLA, he50x…

Tapi ada juga yang sempat kita lihat bareng-bareng, yaitu karnaval di daerah Rogojampi. Yup, waktu itu kita dalam perjalanan pulang dari Kalisetail. Dan pas lagi dijalan tiba-tiba macet yang ternyata adalah rombongan karnaval. Gak mau kalah akhirnya kita foto-foto aja sekalian. Cuma sebagian kecil yang sempat kejepret sih. Tapi lumayan sebagai kenang-kenangan akan kota yang sepi and rame ini.

Mengingat bahwa sebagai bangsa yang berbudaya, sepertinya kita harus malu jika tidak mengangkat budaya negeri sendiri.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s