RSS

Rencana Pembangunan Jangka Panjang

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setetah Surabaya, telah dan akan terus berkembang pesat sejatan dengan perkembangan dan perubahan sosial-budaya ekonomi dan politiknya. Dalam proses perkembangannya diperlukan suatu “perangkat” pengendali yang mampu memberikan arah, dan panduan kebijakan bagi semua pengambil keputusan serta seturuh stakeholders di kota Malang.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Malang merupakan dokumen perencanaan yang bersifat makro, sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan daerah guna mewujudkan visi, misi, dan arah pembangunan jangka panjang sesuai dengan kewenangan pemerintah kota. RPJPD digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan penyusunan pembangunan tahunan kota. Keberadaan rencana pembangunan kota Malang tidak dapat dipungkiri harus menjadi bagian dari kehidupan kota Malang itu sendiri. Namun demikian pertanyaan yang mengemuka adalah apakah benar bahwa seluruh masyarakat kota Malang tahu tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Malang ?

Oleh karena itu jika tak kenal maka tak sayang, maka menjadi suatu hal yang penting untuk menginformasikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Malang kepada masyarakat agar mengenal lebih dalam. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah atau lebih dikenal dengan RPJPD merupakan satu dokumen resmi daerah yang dipersyaratkan untuk mengarahkan pembangunan daerah datam jangka waktu 20 (dua puluh) tahun ke depan. Sebagai suatu dokumen rencana yang penting sudah sepatutnya Pemerintah Kota Malang, DPRD, dan masyarakat memberikan perhatian penting pada kualitas proses penyusunan dokumen RPJPD, dan tentunya diikuti dengan pemantauan, evaluasi, dan review berkala atas implementasinya. Karena dokumen RPJPD merupakan dokumen rencana yang menjadi acuan bagi penyusunan rencana daerah dengan hirarki dan skata yang lebih rendah seperti RTRW, RPJMD, Renstra SKPD, dan RKPD, maka kualitas penyusunan RPJPD dari segi analisis kecenderungan dan perspektif masa depan, pemahaman atas isu strategis yang mungkin dihadapi di masa depan, kejelasan visi, misi, tujuan, arah dan strategi kebijakan pembangunan 20 tahun ke depan akan turut menentukan kualitas rencana.

Untuk Terwujudnya kota Malang yang mandiri, berbudaya, sejahtera dan berwawasan lingkungan yang saat ini merupakan visi dari pembangunan daerah kota Malang, perlu diteruskan hasil-hasil pembangunan yang sudah dicapai. Permasalahan yang sedang dihadapi dan tantangannya ke depan ke dalam suatu konsep pembangunan jangka panjang yang mencakup berbagai aspek penting kehidupan bermasyarakat dan berpemerintahan daerah, akan menuntun proses menuju tatanan kehidupan masyarakat dan taraf pembangunan yang hendak dicapai. Saat ini Pemerintah Kota Malang sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) kota Malang untuk Tahun 2005-2025 yang sedang dalam tahap Rancangan Awal. Dalam konteks ini, RPJPD kota Malang dapat dilihat sebagai dokumen rencana yang mencoba untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan perkembangan kecenderungan dan perubahan dari berbagai faktor eksternal dan internal di masa depan; memperkirakan pengaruhnya terhadap pengembangan daerah kota Malang masa depan; mencoba memproyeksikan arah perjalanan pembangunan daerah kota Malang hingga 20 tahun ke depan untuk mengantisipasi tantangan dan peluang yang akan dihadapi dan; merumuskan arah kebijakan dan strategi pembangunan daerah Kota Malang untuk memanfaatkan peluang seoptimal mungkin dan mengatasi kendala dan ketidak pastian seefektif mungkin.

Keberhasilan RPJPD kota Malang Tahun 2005 – 2025 ini ferletak pada kemampuannya untuk mengorganisasikan stakeholders untuk bersama-sama merumuskan dan menyepakati arah perjalanan (Road Map) pembangunan daerah kota Malang masa depan yang perlu ditempuh. Untuk itu proses penyusunan dokumen RPJPD kota Malang Tahun 2005-2025 perlu membangun komitmen dan kesepakatan dari semua stakehoiders untuk mencapai tujuan RPJPD melalui proses yang transparan, demokratis dan akuntabel dengan memadukan pendekatan teknokratis, demokratis, partisipatif, dan politis.

Uraian diatas membawa konsekuensi bahwa penyusunan RPJPD kota Malang harus menggunakan prinsip-prinsip; (1) adanya sense of ownership masyarakat terhadap RPJPD; (2) adanya pelibatan media informasi dan komunikasi; (3) adanya konsesus atau kesepakatan pada semua tahapan pengambilan keputusan seperti perumusan prioritas isu dan permasalahan, perumusan alternatif skenario perjalanan pembangunan daerah. Perumusan visi dan misi, dan arah kebijakan pembangunan jangka panjang. Prinsip-prinsip tersebut mengandung konsekuensi pentingnya partisipasi publik dalam setiap tahapan penyusunan daerah dibawahnya. Sebagai rencana jangka panjang, RPJPD kota Malang harus mampun menjawab 3 (tiga) pertanyaan dasar :

1) Kemana daerah akan diarahkan pengembangannya dan apa yang hendak dicapai dalam 20 (dua puluh tahun) mendatang;

2) Bagaimana mencapainya dan;

3) Langkah-langkah strategis apa yang perlu dilakukan agar tujuan tercapai.

PROSES PENYUSUNAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN DAERAH

Pembangunan kota Malang yang telah dilaksanakan selama ini telah menunjukkan kemajuan di berbagai bidang kehidupan masyarakat yang meliputi bidang sosial budaya dan kehidupan beragama, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), potitik, pertahanan dan keamanan, hukum dan aparatur, pembangunan wilayah dan tata ruang, penyediaan sarana dan prasarana serta pengelotaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan hidup. Di samping banyak kemajuan yang telah dicapai, masih banyak pula tantangan atau masalah yang belum sepenuhnya terpecahkan dan masih pertu dilanjutkan upaya mengatasinya dalam pembangunan kota Malang 20 tahun ke depan.

Forum partisipai publik yang dirancang datan penyusunan ini antara lain; (1) Forum diskusi (focus group discusion, diskusi interaktif), seminar sosialiasasi, MUSRENBANG; (2) Penjaringan opini publik (media cetak (surat kabar), radio, dan melatui internet (mailing list, web-comment) atas draft RPJPD. Forum partisipasi publik ini menjadi sangat penting karena RPJPD yang memiliki rentang waktu perencanaan sampai 20 tahun kedepan memerlukan pemikiran yang konprehensif dan rnampu membawa aspirasi semua kepentingan stakeholders. Berkaitan dengan hat ini, menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Matang untuk secara proaktif ikut berperan serta, rnenyumbangkan pemikiran, masukan, informasi, dan/atau permasatahan yang konstruktif demi kesempurnaan hasil RPJPD Kota Malang 20 tahun kedepan. Dalam rangka memfasilitasi partisipasi publik, dokumen RPJPD kota Malang dapat diakses di website Pemerintah Kota Malang (http://www.malangkota.go.id), website Badan Perencanaan Pembangunan Kota Malang (http://bappekot.malangkota.go.id). Diharapkan kepada semua stakeholders dan seturuh komponen masyarakat dapat mengakses untuk menyampaikan gagasan, ide, pendapat, pandangan serta tanggapannya mengenai dokumen RPJPD kota Malang Tahun 2005-2025 melalui E-mail : bappekot@malangkota.go.id, bappekot@pemkot-malang.go.id atau dikirim ke kantor Bappekot bidang Pendataan, Penelitian dan Pengembangan. Bagi masyarakat kota Malang yang berkenan diskusi melalui maillist juga disediakan forum maillist. Silahkan bergabung rpjpd¬malang@Yahoogroups.com dengan kirim blankmail ke rpjpd-malang-subscribe@yahoogroups.com.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: